Selasa, 21 Desember 2010

Ketentuan UAS dan Soal UAS

Mata Kuliah : Ilmu Fiqh/Ushul Fiqh
Prodi : Pendidikan Biologi/Fak. Tarbiyah
Dosen/Asisten : Drs. H. Mahmud, M. Si/H. Hasbiyallah, M. Ag
Pelaksanaan :Tgl 22 Desember 2010
Pukul : 09,00 sd 16.00
Jenis Soal : Open Book/Analisis dan Argumentatif
Jawaban Soal : Kertas polio bergaris (ambil di fakultas) ditulis tangan.
larangan : Tidak boleh copy vaste dengan teman (hukumannya berat)

SOAL UAS Fiqh/Ushul Fiqh
Pendidikan Biologi Fak. Tarbiyah dan Keguruan
Tahun Akademik : 2010/2011
Dosen: Drs. H. Mahmud, M. Si
Asisten : H. Hasbiyallah, M. Ag
JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN JELAS DAN ARGUMENTATIF
1.Seseorang berwudhu dengan air pada saat niat nawaitu al-Wudhu’ li raf’ il hadatsil asghari lillahi ta’ala. Sedangkan pada saat tayamum dengan debu melafalkan niat nawaytu al tayammuma listibahatis shalat. Lafaz li raf’il hadats dan lis tibahatis shalah karena ada perbedaan fungsi antara air dan debu. Air tidak saja menghilangkan najis tetapi juga hadats tetapi debu hanya mampu menghilangkan najis dan tidak mampu menghilangkan hadats karena tayammum digunakan hanya untuk kebolehan shalat. Coba anda analisis secara jelas dan argementatif kenapa demikian?

2.Seseorang yang selesai mandi akan merasakan kenikmatan luar biasa, seluruh tubuhnya segar dan pikirannya jernih, karena itu Allah SWT berfirman : wa in kuntum junuban fat thahharu (Jika kalian berjunub, maka mandilah). Apa kaitan junub dengan mandi dan kenapa harus mandi? Coba Anda analisis proses junub dan perintah mandi setelah junub bahkan larangan-larangan bagi orang yang berjunub?

3.Seorang yang shalat sering tidak menyadari bahwa dirinya telah melakukan rileksasi terhadap tegangan-tegangan pada otot-otot tubuhnya. Karena itu, Allah memerintahkan shalat wajib dengan lima waktu. Coba ungkap oleh Anda tentang waktu-waktu shalat tersebut bagi organ-organ tubuh orang yang shalat? Sertakan dengan argumentative yang jelas berdasarkan ilmu biologi?

4.Dahulu pernah ada penelitian yang membandingkan jiwa orang yang berpuasa jauh lebih baik daripada orang yang tidak pernah berpuasa. Namun ada orang yang beranggapan bahwa berpuasa akan membuat mereka tambah porsi makannya dan membuat mereka gendut, karena orang yang berpuasa harus makan di malam hari. Coba Anda analisis, kenapa mereka dapat beranggapan seperti itu?

5.Tuliskan beberapa ayat yang berkaitan dengan proses penciptaan manusia dan ungkap sisi kehebatan Allah dalam penciptaan manusia? Jelaskan secara panjang lebar.

Selamat Mengerjakan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar